Rabu, 21 Mei 2014

IBADAH (Intensive Belajar Kita Dengan Allah) : Nyamuk Sang Ahli Bedah

Ini tentang Nyamuk. Nyamuk yang kerap disalahkan, dipukul dan dicemoohkan oleh manusia karena dianggap sebagai biang keladi penyebab penyakit dan pengganggu ketentraman kehidupan manusia, apalagi di kala malam. Sehingga banyaklah usaha yang dilakukan manusia untuk membasminya. Mungkin termasuk saya. Tapi, sejak saat ini saya akan mengurangi gencatan senjata (Adu Tangan) untuk membasmi nyamuk.

Wow.. Dalam Al-qur'an nyamuk yang hanya mempunyai dua sayap berisik, tubuh yang langsing dan enam kaki panjang yang panjangnya cuma sekali-kali mampu melebihi angka 15 mm itu ada dalam Al-qur'an.


“Sesungguhnya Allah tidak malu membuat perbandingan apa saja. (semisal ) nyamuk hingga ke suatu yang lebih daripadanya (karena perbuatan itu ada hikmahnya) yaitu kalau orang-orang yang beriman maka mereka mengetahui bahwa perbandingan itu benar dari tuhan mereka. Dan adapun orang kafirpula mereka berkata apakah maksud allah membuat perbandingan dengan ini (jawabnya) : tuhan akan menjadikan banyak orang sesat dengan sebab perbandingan itu, dan akan menajadikan banyak orang mendapat petunjuk dengan sebabnya; dan tuhan tidak akan menjadikan sesat dengan sebab perbandingan itu melainkan orang-orang yang fasik.(QS.Al-Baqarah : 26 ) 

Kenapa Allah membuat nyamuk sebagai perbandingan ataupun perumpamaan? Itu karena Allah ingin menjelaskan kepada manusia, bahwa makhluk lemah, berukuran mini, yang lincah dan pandai mengelak, selalu mengganggu kenyamanan tidur kita karena kepandaiannya mecari sasaran walaupun gelap, ini pun agung dalam penciptaannya yang mengagungkan penciptanya.

Sama seperti manusia dan makhluk lainnya yang Allah ciptakan berpasang-pasangan. Nyamuk pun demikian, ada yang jantan dan ada yang betina. 

Selama ini kita selalu menyalahkan nyamuk tanpa terkecuali, baik dia salah maupun tidak. kitalangsung mengklaim bahwa nyamuk (Baik dia jantan maupun betina) adalah pemangsa yang harus dibasmi habis-habisan. 

Padahal yang selama ini menggigit kita, bukanlah Nyamuk jantan. Tetapi nyamuk betina. Sebenarnya si kecil ini pun malas menghisab darah manusia.  Sebenarnya mereka lebih selera menghisap madu, nektar dari bunga-bunga serta juice. Hanya saja, nyamuk betina menghisap darah manusia untuk bertelur. Mereka membutuhkan banyak protein amino yang terdapat dalam darah.

Kenapa harus darah manusia?

Tidak. sebenarnya, nyamuk tahu kandungan asama amino di dalam darah manusia itu sedikit. Dan nyamuk lebih menyukai darah kerbau dan tikus. Hanya saja, jumlah manusia lebih banyak dan lebih mudah untuk digigit, ya kenapa tidak? (Itu hasil dialog saya dan nyamuk. hha ngelantur, itu dari beberapa sumber yang saya baca)

Nah. Jadi jangan terlalu menyalahkan nyamuk. Sebagai calon ibu, sudah selayaknya ia memberikan asupan gizi untuk putra-putrinya. Sehingga selayaknya kita yang mempunyai akal fikiran, janganlah merendahkan usaha dan kerja keras mereka. 

Kenapa Si Nyamuk Betina Ahli Bedah?
Sebelum kita membahas masalah bedah membedah, mari kita berkenalan dengan si pembedah tersebut.

1. Ia adalah Nyamuk betina 
2. Memiliki seratus mata di kepalanya.
3. Memiliki 48 gigi di mulutnya.
4. Mempunyai 3 jantung diperutnya lengkap dengan bagian-bagiannya.
5. Memiliki 6 pisau di belalainya dan masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda.
6. Memiliki 3 sayap pada setiap sisinya.
7. Dia dilengkapi dengan alat pendeteksi panas yang bekerja seperti infra merah yang berfungsi memantulkan warna kulit manusia pada kegelapan menjadi warna ungu hingga terlihat olehnya.
8. Dilengkapi dengan alat pembius yang membantu dari bahaya jarumnya, agar manusia tidak merasakannya. Adapun yang kita rasa seperti gigitan adalah hasil dari hisapan darah kita.
9. Dilengkapi dengan alat penyeleksi darah, hingga dia tidak menyedot sembarang darah.
10. Dilengkapi alat untuk mengalirkan darah hingga darah bisa mengalir lewat belalainya yang sangat lembut dan kecil.
11. Dan yang lebih mengherankan lagi dari semua ini adalah bahwa ilmu pengetahuan modern telah mengungkap fakta bahwa di atas punggung nyamuk hidup serangga yang sangat kecil, yang tidak nampak kecuali dengan alat pembesar (mikroskop). Ini adalah salah satu bukti kebenaran dari firman Alloh SWT, “Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu…”
 
Subhanallah sekali bukan! Yah, Allah memang The Best and Is The Bes. Arsitek yang Maha Hebat dan Dahsyat.
 
Nah, dengan desain sedemikian rupa yang telah Allah hadiah untuk nyamuk, sehingga nyamuk pun tidak menyia-nyiakan pemberian Allah tersebut. Ia pun menggunakan semaksimal mungkin sehingga ia selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereke "melihat" dengan gerakan, panas tubuh serta bau kita.

Bagi penggemar film-film perang, pasti tahu bagaimana seorang tentara dapat mengintai musuhnya dengan kaca mata malam yang menggunakan panas untuk mendeteksi dan melihat.
Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh kita, dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan (Probosis, yang hanya ada pada nyamuk betina). Lalu ia merobek kulit kita dengan pisau secara maju mundur seperti layaknya dokter bedah, ketika sengat diselipkan melalui irisan pada kulit dan mencapai pembuluh darah, proses pengeboran berakhir. Barulah ritual penghisapan dimulai. 
 
Nyamuk tahu, kalau luka seringan apapun pada pembuluh darahakan menyebabkan tubuh manusia mengeluarkan enzim yang bisa membekukan darah dan menghentikan kebocoran. Tentu enzim ini menjadi masalah baru bagi nyamuk. Ia pun berhasil mengatasi hal itu dengan menyuntikkan cairan khusus dari tubuhnya ke dalam irisan yang telah terbuka. 

Enzim ini tentunya menjadi masalah bagi nyamuk, sebab tubuh manusia juga akan segera bereaksi membekukan darah pada lubang yang dibuat nyamuk dan menutup luka tersebut. Artinya, nyamuk tidak akan bisa mengisap darah lagi. Cairan itu menetralkan enzim pembeku darah. Sehingga nyamuk dapat menghisap darah yang ia butuhkan tanpa terjadi pembekuan darah. Rasa gatal dan bengkak pada titik yang digigit nyamuk diakibatkan oleh cairan pencegah darah beku tersebut.
 
Sekilas, proses pembedahan ini berlangsung cepat. Dan kesannya proses gigitan nyamuk itu, hanya sebatas gigitan. Atau seperti yang dilakukan seorang dokter menyuntikkan jarum suntik ke tubuh kita. Padahal, Nyamuk sedang menjalankan tugasnya layaknya seorang dokter bedah yang tepat dan akurat.
 
Jadi, jangan pernah menyepelekan siapapun, ataupun makhluk lainnya. Karena Allah menciptakan makhluknya tak pernah sia-sia. Bahkan dari hasil pembedahan yang dilakukan nyamuk, banyak rumah sakit yang kedatangan rezeki berupa pasien, banyak perusahaan obat nyamuk yang tumbuh dan bermunculan tak hanya yang bakar, oles, elektrik bahkan yang bisa dimanfaatkan juga untuk pemukul bantal, bermain badminton pun bisa tercipta guna memberantas nyamuk (raket nyamuk). hhe.

Wallahua'lambissawwab.. Inilah kuasa Allah. Hanya orang yang beriman dan berakallah yang mampu mentadabburi ayat-ayat Allah. Dan semoga kita termasuk di dalamnya.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan kenang-kenangan setelah anda berkunjung walau hanya sebait sapa.. :)

 
;