Jumat, 08 November 2013

#TulisanJadul Pilihan Ibu (lomba di hasfa publisher)




19 Feb 2011


PILIHAN IBU

Kutatapi wajah lembutnya yang tampak kelelahan karena berhari-hari menjagaku. Aku baru mengerti kenapa ibu ngotot memilihnya. Untung saja bukan maya, wanita yang begitu kupuja namun dia lebih brengsek dari wanita jalang. Maafkan aku Rei, telah menyia-nyiakanmu selama ini. aku berjanji akan menjagamu dan calon bayi kita. terimakasih bu!
**
“Za, minggu lalu ibu bertemu dengan seorang gadis dipasar. Gadis itu begitu lembut. Ia yang membantu menjinjing belanjaan ibu yang banyak itu sampai ke mobil. bang udin pergi ke toilet, jadi ibu kewalahan membawa barang belanjaan. Ibu sempat menanyai namanya. Reikha namanya za.”  ujar ibu saat kami duduk ditaman belakang.

Sudah lama aku merindukan momen seperti ini. terakhir bulan lalu sebelum ibu masuk rumah sakit. Kedekatan emosi kami yang sangat baik membuatku begitu mencintainya. Ditambah lagi karenaku anak semata wayang dan sejak ayah meninggal aku tak tega membiarkannya sendirian. Apalagi melihatnya menangis karenaku.

“Hei, za. Dari tadi ibu perhatikan, kamu asyik melamun. Pasti kamu gak dengarin cerita ibu” tukasnya membuyarkan lamunanku.

“Oh, iya bu. Maafin reza.” Belum habis menyatakan maaf padanya, tiba-tiba handphoneku berdering. Message dari wanita yang mengisi hatiku setelah ibu. Maya.

“Bu, reza pamit dulu ya ada janji dengan teman.” Aku mencium tangan ibu dan berlalu. Aku belum mengenalkan maya pada ibu. Kukira belum saatnya. Biarkan aku mengenalinya lebih dalam, lagian kami baru jadian. Walaupun begitu hatiku sudah kepincut dengannya
**
Dua bulan kemudian.

“Wah, ada apa nih bu.Rame sekali dirumah dan banyak bungkusan. Seperti ada yang mau mantenan.“Tanyaku tak mengerti saat tiba dirumah setelah seminggu keluar kota mengurus perusahaan alm ayah.

“hemMm..pura-pura gak tau.iya kamu yang bakal jadi mantennya” jawab tante nini sambil mencolekku.

Kuhampiri ibu untuk mencari kebenarannya.“bu, kenapa ibu tega mempersiapkan semua ini tanpa sepengetahuan reza bu???,Apa-apaan ini bu!!!”hardikku. Aku sangat emosi dan tidak terima keputusan gila ibu ini.

“Za,dengarkan ibu dulu nak. ibu ingin saat ibu tiada nanti ada yang mengurusi mu. dia gadis baik za.”Jawab ibu dengan segala kelembutannya.

“Iya bu,seharusnya ibu minta persetujuanku dulu. Pokoknya aku gak mau perjodohan ini. Titik!!!”Bentakku pada ibu lalu meninggalkan rumah  
**
Malam harinya

Maafkan aku bu. aku gak menyangka akhirnya begini. Kunaikkan laju mobilku. Aku tidak ingin terjadi apa-apa pada ibu seperti yang kudengar barusan dari telepon.

“Kulihat ibu terbaring lemas. Maafkan reza bu. Reza akan berusaha menerima perjodohan itu.” Ucapku lirih sambil menggenggam tangannya. Kata dokter kondisinya sangat lemah.
**
Aku menerima perjodohan ibu. Namun aku belum bisa menerimanya sebagai istriku.Ini demi membahagiakan ibu.Sebenarnya aku muak menjalani ini semua. Menghadiahkan sebuah kepalsuan dalam biduk rumah tangga.

Lima bulan setelah kami menikah ibu pun menyusul ayah. Itu merupakan pukulan berat bagiku.Sejak meninggalnya ibu sikapku berubah total, aku semakin dingin dengan reikha. Aku kembali mencari maya dan sering meninggalkannya.maya pun menyambutku hangat membuatku semakin melupakan reikha yang sedang mengandung.

Ternyata maya bukanlah wanita yang baik, dia menerimaku kembali karena ingin memoroti hartaku. Akhirnya aku tersadar. Malam itu aku baru saja mengetahui niat busuk maya. Dan terjadilah perdebatan serius dalam mobil. Mobil yang kami tumpangi akhirnya menabrak sebuah truk. saat kusadar, sudah berada dirumah sakit ditemani gadis pilihan ibuku.


Biodata singkat
Nama                                    : HUSNA LINDA YANI     
Alamat                                  : Jl. Meurebo no 15 A12 sektor selatan, Darussalam. Banda Aceh
No hp                                    : 085297667427
Email                                     : hoe5n4_tekarste@yahoo.com
Pekerjaan                           : Mahasiswi fakultas teknik/ Arsitektur UNIVERSITAS SYIAH KUALA letting 2008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan kenang-kenangan setelah anda berkunjung walau hanya sebait sapa.. :)

 
;